5 Cara Mudah Mengatasi Rotasi Layar Android Tidak Berfungsi

Cara Mudah Mengatasi Rotasi Layar Android Tidak Berfungsi – Didalam smartphone Android terdapat fitur yang namanya auto rotate, fitur ini banyak mempunyai banyak kegunaan seperti saat kita mengetik dokumen, maupun bermain game. Ketika kita mulai mengaktifkan nya maka fitur ini akan secara otomatis menampilkan layar potrait dan landsacape.

Sebenarnya fitur rotasi layar ini bisa bekerja karena menggunakan sensor accelerometer yang ada di smartphone. Jadi sensor accelerometer berfungsi untuk mengetahui pergerakan tangan seseorang ketika membalikkan smartphone. Meskipun sensor ini tidak diaktifkan ia akan tetap bekerja.

Cara Mudah Mengatasi Rotasi Layar Android Tidak Berfungsi

5 Cara Mudah Mengatasi Rotasi Layar Android Tidak Berfungsi 1

 

jika auto rotate tidak berfungsi sebagaimana mestinya, maka akan menyulitkan kita untuk mulititasking, sebab tampilan layar smartphone tidak akan berpindah dari mode portrait ke mode landscape. Sebelum membahas tentang bagaimana cara mudah mengatasi rotasi layar Android tidak berfungsi tidak ada salahnya kita mengetahui terlebih dahulu penyebabnya.

Penyebab Rotasi Otomatis Layar Android Tidak Berfungsi

Terdapat beberapa faktor penyebab dimana Android tidak dapat merotasi layar. Diantaranya yaitu, menginstal dan memasang custom ROM demi tampilan smartphone yang beda namun tidak sesuai dengan spesifikasi yang dimiliki smartphone Android tersebut. Atau bisa juga melakukan root pada ponsel sehingga menyebabkan kerusakan pada sensor accelerometer.

Permasalahan penyebab auto rotate Android tidak lagi berfungsi, ternyata tidak berhenti sampai disitu saja, bahkan fitur auto rotate aktif dengan sendirinya, atau malah tidak dapat di aktifkan juga sering dialami oleh para pengguna ponsel Android.

Jika problem diatas sudah terlanjur terjadi, tidak jarang dari para pecinta smartphone Android mulai kebingungan mencari solusinya disebabkan ponsel nya error. Namun jangan putus asa dahulu sebab pada kesempatan kali ini kami akan mencoba mengembalikan seperti semula rotasi layar Android tidak berfungsi.

Selain itu kami juga akan membahas tentang adanya kemungkinan error lain agar bisa teratasi dengan mudah. Nah sebelumnya silahkan cek dan pastikan bahwa fitur auto rotate pada layar smartphone Android sudah aktif, selanjutnya silahkan simak langkah demi langkah ke lima cara berikut ini.

5 Cara Mudah Mengatasi Rotasi Layar Android Tidak Berfungsi 2

 

1. Silahkan Lakukan Test Sensor Accelerometer

Biasanya setiap merk smartpohone Android semuanya dibekali dengan kode rahasia, agar bisa menguji sensor accelerometer baik itu Lenovo, Xiaomi, Oppo, Smartfren, Vivo, Advan, Asus, Nexus, Sony Xperia dan tidak terkecuali Samsung Galaxy yang memiliki kode *#0#*.

Setelah mengetahui kode rahasia tersebut selanjutnya tab tombol sensor kemudian pilih accelerometer, dan silahakan dilihat hasilnya, apakah disitu ada pergerakan atau tidak.

2. Selanjutnya Bersihkan Cache Smartphone

Membersihkan cache pada smartphone Android dilakukan setelah selesai menguji sensor accelerometer seperti yang sudah di jelaskan di atas, kemudian jangan lupa bersihkan juga history tasking yang sudah dilakukan di ponsel.

Mengapa kita perlu membersihkan chace dan history tasking, hal ini bertujuan agar smasrtphone Android terbebas dari file sampah yang terkadang menjadi salah satu penyebab tidak berfungsinya auto rotate layar. Untuk membersihkannya bisa memakai aplikasi ketiga yaitu Clean Master.

3. Matikan Smartphone Kemudian Reboot

Cara mudah mengatasi rotasi layar Android tidak berfungsi selanjutnya yaitu mematikan smartpohone Android dan melepas microSD, baterai dan  kartu SIM. Setelah selesai biarkan dahulu hingga beberapa detik, lalu pasang semua komponen dan hidupkan kembali.

Selain membersihkan file sampah yang terdapat pada smartphone, cara ini juga bertujuan agar smartphone memuat ulang sistem Android setelah di reboot.

4. Gunakan Aplikasi Pihak Ketiga

Cara keempat untuk mengatasi rotasi layar Android tidak berfungsi yaitu dengan menginstal dan memasang aplikasi bantuan bernama Ultimate Rotation Control. Aplikasi ini terbukti efektif untuk mengatasi masalah tersebut.

Cara kerja dari aplikasi ini yaitu memaksa layar Android berotasi kembali secara otomatis pada saat mengalami error. Atau memaksa dan mengatur hanya dalam satu mode saja antara potrait atau landscape.

5. Melakukan Factory Reset

Langkah terakhir untuk mengatasi rotasi layar Android tidak berfungsi atau error  yaitu dengan melakukan factory reset. Hal ini bertujuan agar dapat mengembalikan sistem Android maupun pengaturan awal seperti sedia kala saat ponsel baru keluar dari pabrik nya.

Artinya langkah ini diambil agar bisa memperbaiki sensor accelerometer yang sedang tidak berfungsi sebagaimana mestinya. Akan tetapi sebaiknya Anda  backup data lebih dahulu sebelum melakukan cara ini untuk menghindari data file agar tidak terhapus.

Jadi kesimpulannya, pada saat melakukan perbaikan rotasi layar smartphone Android, pastikan Anda mengaktifkan fitur auto rotate dan jangan lupa untuk melakukan test terhadap sensor acceleromater apakah masih bisa bekerja atau tidak.

Setelah ke lima cara diatas sudah diterapkan dan fitur aouto rotate masih tidak bergerak, maka kami sarankan untuk Anda agar smartphone tersebut dibawa ke service center terdekat di kota Anda. Nah itulah tips tentang 5 cara mudah mengatasi rotasi layar Android tidak berfungsi dan semoga bermanfaat.

cara rotasi layar di hp oppo, cara mengaktifkan rotasi layar saat mengetik
5 Cara Mudah Mengatasi Rotasi Layar Android Tidak Berfungsi | nanang | 4.5